.:: RSUD Waibakul ::. Sejarah
Sejarah

SEJARAH RSUD WAIBAKUL, KABUPATEN SUMBA TENGAH

RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WAIBAKUL TERLETAK DUA KILOMETER DARI KOMPLEKS KANTOR PUSAT PEMERINTAHAN MAKATUL, TEPATNYA DI JALAN RAYA WAIHIBUR, DESA UMBU MAMIJUK, KECAMATAN UMBU RATU NGGAY BARAT, KABUPATEN SUMBA TENGAH DENGAN LUAS LAHAN 23.885 M² DAN LUAS BANGUNAN 10.480 M². LOKASI TERSEBUT SANGAT STRATEGIS, SELAIN MUDAH DIJANGKAU JUGA TERLETAK PADA JALUR UTAMA LALU LINTAS YANG MENGHUBUNGKAN KABUPATEN SUMBA TIMUR DAN KABUPATEN SUMBA BARAT. RSUD WAIBAKUL MELAYANI MASYARAKAT DENGAN 5 (LIMA) KECAMATAN, YAITU: UMBU RATU NGGAY, UMBU RATU NGGAY BARAT, KATIKUTANA, KATIKUTANA SELATAN DAN MAMBORO.

RSUD WAIBAKUL SEBELUMNYA ADALAH RUMAH SAKIT BERGERAK/PRATAMA YANG DIDIRIKAN PADA TAHUN 2011, DAN MULAI BEROPERASI PADA 01 OKTOBER 2012 DAN MELAYANI PASIEN RAWAT JALAN, RAWAT INAP DAN RUJUKAN DARI 8 (DELAPAN) PUSKEMAS YANG ADA DI KABUPATEN SUMBA TENGAH. RUMAH SAKIT BERGERAK/PRATAMA KEMUDIAN DIKUKUHKAN SEBAGAI RUMAH SAKIT MILIK PEMERINTAH KABUPATEN SUMBA TENGAH DENGAN KATEGORI TIPE C PADA TAHUN 2017, MELALUI PERATURAN BUPATI SUMBA TENGAH NOMOR 25 TAHUN 2017 TENTANG PEMBENTUKAN DAN SUSUNAN ORGANISASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN SUMBA TENGAH. SEBAGAI UNIT PELAKSANA TEKNIS DASAR (UPTD) MAKA RSUD WAIBAKUL ADALAH UNITSWADANADAERAH.

RSUD WAIBAKUL TELAH MELAKUKAN SURVEI AKREDITASI YANG DILAKUKAN PADA BULAN DESEMBER 2019 OLEH SURVEYOR DARI KOMISI AKREDITASI RUMAH SAKIT (KARS) DAN DINYATAKAN LULUS AKREDITASI DENGAN NILAI DASAR (BINTANG 2), SEHINGGA MENUNTUT RSUD WAIBAKUL AGAR TETAP MEMPERTAHANKAN SERTA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DAN KESELAMATAN PASIEN.


Copyright © 2022. RSUD Waibakul | Online: 2 | Hits: 62 / 18792