.:: RSUD Waibakul ::. IPAL
IPAL

Rumah sakit merupakan salah satu fasilitas yang menghasilkan limbah. Komposisi limbah pada dasarnya tidak banyak berbeda dengan limbah rumah tangga, bahkan dari segi mikrobiologi sekalipun kecuali limbah yang berasal dari bagian penyakit menular atau sanatorium TBC karena organisme belum dipisahkan melalui proses olahan khusus setempat.

RSUD Waibakul memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang terletak pada bagian depan Kawasan RSUD Waibakul.

Limbah cair rumah sakit adalah semua limbah cair yang berasal dari rumah sakit yang kemungkinan mengandung mikro-organisme, bahan kimia beracun dan radio aktif.

Bila bahan-bahan yang terkontaminasi seperti bedpen, dressing, tidak ditangani dengan baik selama proses pengumpulan maka akan dapat terjadi kontaminasi ruangan secara langsung atau melalui aerosol. Demikian juga, percikan dari penyiraman toilet, dapat mencemari lantai dan dinding, yang kemudian melalui penguapan akan terbawa masuk ke dalam udara ruangan maka air limbah dari rumah sakit sangat disarankan untuk diolah sebelum dibuang ke badan air.

Sumber-sumber limbah Cair di RSUD Waibakul berasal dari Pelayanan medik meliputi: Ruang Rawat Inap, Ruang Rawat Jalan, Instalasi Gawat Darurat. Penunjangmeliputi: Laboratorium, Farmasi, Administrasi dan Fasilitas Sosial meliputi: Ruang Kantor.

Karakter Limbah Cair di RSUD Waibakul mengandung bahan pencemar organik, anorganik dan mikroorganisme pathogen yang tingkat kandungannya dapat ditentukan dengan uji limbah cair seperti: PH, BOD, COD, TSS, NH3 Bebas dan detergen, antara lain berasal dari buangan kamar mandi, WC, wastafel,dan air cucian darah, limbah cair laboratorium, unit perawatan,laundry dan farmasi.


Copyright © 2022. RSUD Waibakul | Online: 1 | Hits: 30 / 18760